PENGERTIAN WEBSITE
Website dapat diartikan sebagai suatu kumpulan-kumpulan halaman yang menampilkan berbagai macam informasi teks, data, gambar diam ataupun bergerak, data animasi, suara, video maupun gabungan dari semuanya, baik itu yang bersifat statis maupun yang dinamis, dimana membentuk satu rangkaian bangunan yang saling berkaitan dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan halaman atau hyperlink.
Definisi secara umum, website adalah kumpulan dari berbagai macam halaman situs yang terangkum di dalam sebuah domain atau subdomain, yang berada di dalam WWW (World Wide Web) dan tentunya terdapat di dalam Internet. Halaman website biasanya berupa dokumen yang ditulis dalam format Hyper Text Markup Language (HTML).
Definisi secara umum, website adalah kumpulan dari berbagai macam halaman situs yang terangkum di dalam sebuah domain atau subdomain, yang berada di dalam WWW (World Wide Web) dan tentunya terdapat di dalam Internet. Halaman website biasanya berupa dokumen yang ditulis dalam format Hyper Text Markup Language (HTML).
Beberapa manfaat dari website diantaranya:
1. Memperluas jangkauan promosi bisnis Anda. Dengan memiliki website maka produk atau jasa Anda lebih bisa dikenal oleh masyarakat khususnya pengguna internet.
2. Bisa menjadi media tanpa batas, sebab internet adalah media informasi yang tanpa batas. Dengan memiliki website kita berarti sama saja memiliki banayk karyawan yang mempromosikan produk kita selama 24 jam. Ini berarti website Anda dapat menghasilkan konversi dengan baik.
3. Website juga bisa digunakan sebagai tempat untuk mendapatkan komunitas yang sesuai dengan minat Anda. Melalui website, Anda bisa tergabung misalnya di dalam komunitas pecinta alam, fotografi, programmer, maupun situs bekerja secara freelance.
1. Memperluas jangkauan promosi bisnis Anda. Dengan memiliki website maka produk atau jasa Anda lebih bisa dikenal oleh masyarakat khususnya pengguna internet.
2. Bisa menjadi media tanpa batas, sebab internet adalah media informasi yang tanpa batas. Dengan memiliki website kita berarti sama saja memiliki banayk karyawan yang mempromosikan produk kita selama 24 jam. Ini berarti website Anda dapat menghasilkan konversi dengan baik.
3. Website juga bisa digunakan sebagai tempat untuk mendapatkan komunitas yang sesuai dengan minat Anda. Melalui website, Anda bisa tergabung misalnya di dalam komunitas pecinta alam, fotografi, programmer, maupun situs bekerja secara freelance.
REVIEW WEBSITE BUCCHERI
BUCCHERI
Buccheri merupakan produk sepatu dan tas yang terbuat dari kulit asli yang memiliki kualitas terbaik. Produk ini berasal dari Indonesia. Buccheri sudah ada sejak tahun1980. Banyak konsumen yang tertarik dengan merek sepatu ini. Tak heran jika Buccheri menjadi salah satu merek paling berharga dalam negeri.
Produk Buccheri ditujukan pada para pembeli berjiwa dinamis yang menyukai desain sepatu fashion ataupun formal. Sebagai merek sepatu ternama, Buccheri terus mengembangkan desain produknya untuk memenuhi permintaan para penggunanya. Perusahaan ini tidak hanya mempunyai pasar sepatu dan sandal untuk wanita bahkan untuk pria. Bahkan Buccheri juga menyediakan aksesoris.
Saat ini Buccheri mempunyai lebih dari 90 cabang yang tersebar di kota besar di Indonesia. Awalnya perusahaan ini membuka toko di daerah Pasar Baru, Jakarta Pusat. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, Buccheri memasarkan produknya tidak hanya dengan membuka toko, melainkan lewat online. Konsep Online Store akan memenuhi hasrat para konsumen untuk terus menambah koleksi sepatu Buccheri.
Buccheri menjadi industri sepatu yang melekat di hati para penggunanya karena memiliki etos kerja yang tinggi, kerendahan hati dalam pelayanan dan kepercayaan diri yang tinggi terhadap kualitas produknya.
Produk Buccheri ditujukan pada para pembeli berjiwa dinamis yang menyukai desain sepatu fashion ataupun formal. Sebagai merek sepatu ternama, Buccheri terus mengembangkan desain produknya untuk memenuhi permintaan para penggunanya. Perusahaan ini tidak hanya mempunyai pasar sepatu dan sandal untuk wanita bahkan untuk pria. Bahkan Buccheri juga menyediakan aksesoris.
Saat ini Buccheri mempunyai lebih dari 90 cabang yang tersebar di kota besar di Indonesia. Awalnya perusahaan ini membuka toko di daerah Pasar Baru, Jakarta Pusat. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, Buccheri memasarkan produknya tidak hanya dengan membuka toko, melainkan lewat online. Konsep Online Store akan memenuhi hasrat para konsumen untuk terus menambah koleksi sepatu Buccheri.
Buccheri menjadi industri sepatu yang melekat di hati para penggunanya karena memiliki etos kerja yang tinggi, kerendahan hati dalam pelayanan dan kepercayaan diri yang tinggi terhadap kualitas produknya.
KONSEP WEBSITE
1. HOMEPAGE
Gambar diatas yaitu adalah tampilan halaman awal atau Indeks dari Website Buccheri. Pada halaman awal ini yang kita lihat terdapat 5 Navbar yaitu Collection, Women, Men, Collection dan Sale. Ada juga disampingnya terdapat Cari Produk yang gunanya adalah untuk mencari suatu barang yang kita inginkan. Diatas itu ada terdapat Konfirmasi Pembayaran yang gunanyanya adalah untuk mengurus pembayaran bila kita sudah dalam proses pembelian barang. Ada Sign In dan Sign Up yang kita tahu gunanya masing – masing yaitu adalah yang pertama untuk masuk sebagai user terdaftar dan yang kedua adalah untuk mendaftar untuk menjadi user baru. Ditengah halaman terdapat Image Slider yang berubah ubah setiap 3 detik sekali, dan pada bagian kanan bawah ada Leave Message yaitu untuk meninggalkan pesan pada pihak buccheri secara live.
2. MENU COLLECTION
Bila cursor kita arahkan ke menu Collection maka Navbar akan menampilkan 6 pilihan menu yaitu Sneakers Collection Springs Summer 2020 yang artinya koleksi sepatu edisi springs summer 2020. Lunar Festive yaitu adalah koleksi sepatu perempuan dengan idisi Lunar Festive. Fall - Winter 19 yang artinya koleksi sepatu edisi Fall - Winter 2019. Smove yang artinya koleksi sepatu edisi Smove. Evade dan Prefall 19.
TAMPILAN MENU LUNAR FESTIVE
TAMPILAN MENU FALL WINTER 19
TAMPILAN MENU SMOVE
Pada semua terdapat banyak Button, yaitu :
Ø yang pertama ada Ukuran yaitu adalah penentuan pencarian ukuran pada sepatu – sepatu yang terdapat di Buccheri.
Ø Kedua, ada Kategori yaitu adalah menu yang sama dengan Navbar diatas.
Ø Ketiga, yaitu Warna yaitu adalah penentuan warna sepatu yang akan dicari oleh User.
Ø Ada Harga yaitu adalah pembatasan pencarian harga sepatu yang ada di buccheri.
Ø Dibagian atas kanan terdapat Produk Terbaru yaitu adalah penyortiran harga dari sepatu – sepatu yang ada di buccheri.
Bila kita klik salah satu sepatu yang ada di Buccheri Store ini maka akan terbuka halaman baru lagi yang seperti gambar dibawah ini :
Di halaman website di halaman sebelumnya telah ditampilkan gambar halaman website yang dimana bila kita klik salah satu sepatu maka akan akan terbuka halaman baru lagi, dan disini saya akan menjelaskan setiap detil halamannya :
Ø Yang pertama, gambar utama yaitu adalah gambar pertama sepatu dari beberapa pilihan gambar yang disediakan.
Ø Dibagian kanannya ada seri dari sepatu tersebut, yang dibawahnya disertai dengan sedikit penjelasan bahan dari sepatu tersebut.
Ø Dibawahnya ada pilihan warna dari sepatu yang ada dihalaman tersebut.
Ø Ada pilihan ukuran dari sepatu.
Ø Dibawah lagi ada click button yang pertama pilihan mau berapa pasang sepatu yang dibeli, Tambahkan ke Keranjang yang artinya barang yang ada di halaman tersebut akan dibeli oleh user dan Tambahkan ke Wishlist yang artinya adalah barang yang ada dihalaman tersebut akan disimpan oleh user jadi ketika user sudah mempunya budget untuk membeli sepatu tersebut maka user bias melihatnya dengan gampang di Wishlist.
Ø Ada kode dari sepatu dihalaman tersebut.
Ø Kategori dari sepatu di halaman website.
Ø Ada icon Facebook dan Twitter, yang artinya sepatu tersebut bias di share melalui media social yang telah disediakan oleh pihak Buccheri.
Ø Ada 2 navbar yaitu Material yaitu adalah penjelasan secara detil tentang sepatu tersebut. Dan Size Guide yaitu adalah penjelasan perbedaan ukuran sepatu luar negeri dengan Indonesia.
TAMPILAN WOMEN (Navbar)
Pada tampilan kali ini sama seperti navbar Collection hanya saja ini lebih banyak pilihannya tetapi barang – barangnya saja yang lebih bervariasi.
TAMPILAN MEN (Navbar)
Sama seperti sebelumnya sama seperti collection namun lebih banyak pilihan item dan terdapat pilihan New Arrival yang artinya yaitu barang – barang yang baru saja masuk ke dalam took dan Sale yaitu suatu barang yang sudah dipotong harganya.
TAMPILAN KONFIRMASI PEMBAYARAN
Pada tampilan halaman terdapar 5 text box kosong, yaitu :
Ø No. order adalah nomor urut pembeli pada barang yang dibeki
Ø 2 icon button BCA atau Mandiri
Ø Jumlah yang Dibayar, yaitu duit yang ditransfer untuk pihak buccheri
Ø Tanggal pembayaran sudah tahu.
Ø Nama Rekening Program, dan nama email pengirim.
Ø Ada berupa check box dibawahnya yang bertuliskan “Im Not a Robot” yang artinya pembeli tidak boleh bot atau pemesan secara otomatis.
Ø Dan paling bawah ada Click Box yang bertuliskan KIRIM.
TAMPILAN SIGN IN
Pada halaman SIGN IN terdapat 2 buah Text box yang dimana user harus memasukan terlebih dahulu Email dan Password dan kemudian bila sudah dapat menekan click boc bertuliskan LOGIN. Tapi bila user melupakan password user bisa mendapatkan bantuan berupa tulisan “Lupa Password ?”.
TAMPILAN SIGN UP
Pada tampilan halaman Register kita mendapatkan berupa 3 text box yaitu untuk memasukan Email Address kita, Password dan Re-Entered Password itu semua adalah syarat – syarat pembuatan akun baru pada buccheri, tidak lupa dengan check box yang sama. Dan click box SIGN UP yaitu untuk mendaftarkan diri ke website Buccheri.
TAMPILAN FOOTER
Pada bagian bawah website banyak berupa tulisan – tulisan kecil yang dibagi menjadi 4 bagian, ada Follow Us yaitu adalah media social yang dimiliki oleh pihak buccheri, Informasi yaitu informasi tentang buccheri itu sendiri, Bantuan yaitu berupa bantuan untuk pengroprasian website dan aturan – aturan yang terkait dengan buccheri, dan yang terakhir Navigasi yaitu tulisan yang sama dengan Navbar diatas.
Ø Follow Us
Yaitu adalah 2 buah icon yaitu Facebook dan Instagram dan bila di klik maka akan berpindah ke media social buccheri yang akan menampilkan catalog dari produk – produk buccheri.
Ø Informasi
Di informasi ada 4 tulisan yang unik, dan disini saya akan menjelaskannya satu – persatu dengan rinci :
a. Tentang Kami
Tentang kami adalah berupa penjelasan secara rinci tentang Buccheri store mulai dari sejarah sampai gerai – gerai yang dibukanya diseluruh dunia.
b. Journal
Journal adalah jurnal – jurnal yang terkait dengan buccheri yang dimana ada misalkan “koper – koper yang bisa dipakai dalam keadaan apapun” atau “tas – tas berkualitas tinggi yang berharga murah”.
c. Hubungi kami
Yaitu adalah halaman yang menampilkan detil kontak yang dimiliki oleh pihak buccheri. Dari mulai email, nomor telfon dan alamat gerai pusat dari buccheri store.
d. Stores
Halaman ini adalah halaman berupa tampilan lokasi – lokasi gerai dari buccheri diseluruh Indonesia yang terintergrasi dengan pihak Google Maps.
Ø Bantuan
Yaitu berupa pilihan bantuan – bantuan yang ada di website ini, ada 3 bantuan yaitu :
a. Track Order
Yaitu adalah untuk melacak pesanan anda bila terjadi keterlambatan pembelian melalui website ini.
b. F.A.Q.
Yaitu berupa bantuan – bantuan pengoprasian website dari www.buccheri.com ini bila terjadinya kesusahan dari pengoprasiannya maka bisa mengandalkan F.A.Q.
c. Terms & Condition
Yaitu adalah aturan – aturan pembelian, syarat – syarat pengembalian barang pada website buccheri.com ini,
C. Analisa Website
A. Kelebihan dari Website www.buccheri.com :
a. Website Terbukti aman dengan adanya s pada HTTPnya. Atau HyperText Transfer Protocol Secure.
b. Memiliki fitur dan tampilan warna yang menarik.
c. Memberikan informasi detail mengenai produk, kontak, lokasi dan proses transaksi belanja online kepada pelanggan.
d. Dapat berkirim pesan dari pelanggan ke pihak langsung Buccheri Store.
B. Kelemahan dari Website www.buccheri.com :
a. Website kurang terintergrasi dengan store di Indonesia sehingga informasi SALE kurang terinformasi dengan baik.
b. Yang kita tahu buccheri itu adalah store yang memasarkan sepatu dan tas tetapi website ini tidak memiliki catalog untuk tas.
c. Ukuran teks dari website ini kurang besar menjadikan user yang memakai handphone mungkin akan kesusahan membaca tulisan – tulisan yang tersedia di website ini.
d. Ini adalah website yang dibuat untuk seluruh dunia tapi tidak bahasa yang dicantumkan kurang banyak seharusnya bahasa Arabic dan Mandarin juga harus dimasukan oleh pihak website www.Buccheri.com.
0 komentar:
Posting Komentar