Minggu, 01 November 2020

V-Class Audit Teknologi Sistem Informasi Periode 1

  1. Jelaskan faktor-faktor apa saja yang menjadikan perkembangan teknologi informasi semakin pesat!
  2. Jelaskan peranan teknologi sistem informasi dalam kehidupan sehari-hari! Berikan contoh penerapan/pengaplikasian teknologi sistem informasi dalam bidang pendidikan!
  3. Apa keuntungan dan kerugian digunakannya Teknologi Informasi!

Jawab

1.

1. Kebutuhan Waktu
Faktor ini mungkin menjadi faktor yang paling penting. Karena masyarakat pada jaman sekarang menginginkan segalanya serba cepat bahkan instan.

2. Kebutuhan Fasilitas yang Canggih
Fasilitas yang canggih memang diperlukan pada jaman sekarang. Fasilitas yang canggih diharapkan masyarakat dapat membantu pekerjaannya supaya lebih cepat. Tuntutan aktivitas pada jaman sekarang memang membutuhkan fasilitas yang canggih. Ini bisa didapatkan dan dirasakan dari adanya manfaat mempelajari ilmu komputer untuk menunjang kemampuan dalam dunia kerja.

3. Kebutuhan Karena Usaha atau Bisnis
Dalam jaman sekarang, teknologi membantu dalam perkembangan usaha atau bisnis. Teknologi komputer dapat membantu pemasaran, produksi, distribusi suatu usaha atau bisnis. Selain itu teknologi komputer juga bisa mempermudah komunikasi antara pihak usaha dengan pihak konsumen. Seperti pada bidang usaha keuangan, manfaat internet bagi perbankan sangat membantu pada nasabah dalam melakukan transaksi yang dapat dilakukan dimanapun. 

4. Kebutuhan akan Tingginya Permintaan dan Penawaran
Hal ini mungkin hampir sama dengan nomor tiga, namun sedikit berbeda. Permintaan akan penawaran pada jaman sekarang sudah sangat besar. Hampir setiap hari bahkan jam, ada permintaan dan juga penawaran. Dengan teknologi, kita dapat melakukan permintaan dengan mudah tanpa harus datang ke lokasi langsung, dan untuk penawaran, kita juga bisa menawarkan barang atau jasa langsung lewat internet tanpa harus menemui konsumen

5. Kebutuhan akan Hobi

Hobi adalah hal yang penting bagi sebagian orang, contohnya Gamers. Para gamers yang sangat suka dengan game pastinya akan selalu update dengan teknologi game yang lebih canggih. Maka dari itu perusahaan industri game atau komponen game bersaing supaya produknya diminati oleh para kalangan gamers.

6. Kebutuhan akan Informasi
Masyarakat pada jaman sekarang tidak terlalu memerlukan koran atau majalah lagi, karena pada jaman sekarang sudah serba digital. Koran bisa diakses langsung diinternet secara gratis, untuk membaca novel, kita bisa beli lewat internet, termasuk majalah, juga gratis. Masyarakat bisa mendapatkan informasi dimana saja.

7. Kebutuhan Ilmu
Untuk jaman sekarang, ilmu bisa didapat dimana saja termasuk dari internet. Dengan teknologi komputer yang berkembang, banyak buku-buku pelajaran bagi siswa atau pelajar yang dapat dilihat secara online. Selain itu, pelajar jaman sekarang sudah mulai dibiasakan menggunakan sistem online dalam pembelajarannya. Dengan adanya teknologi yang mendukung, peran internet terhadap prestasi belajar siswa juga dapat menjadi salah satu alasannya. Karena informasi yang sangat luas pelajar bisa mengakses pelajaran secara online juga.

8. Kebutuhan akan Dunia Hiburan
Untuk faktor yang satu ini memang cukup banyak pengaruhnya bagi masyarakat, terutama bagi para remaja. Dengan teknologi yang berkembang, kita bisa memesan tiket bioskop secara online. Selain itu, sekarang sudah banyak game-game online yang bisa dimainkan gratis maupun berbayar.

9. Kebutuhan akan Industri Musik
Musik mengalami perkembangan mengikuti dengan perkembangan teknologi komputer juga. Untuk rekaman atau recording, pasti membutuhkan komputer, entah proses editing atau yang lainnya. Selain itu dengan adanya teknologi yang makin maju, mendorong perkembangan musik yang lebih maju lagi

10. Kebutuhan akan Komunikasi
Komunikasi adalah hal yang sangat penting bagi semua masyarakat. Sekarang, untuk berkomunikasi tidak perlu harus bertatap muka langsung. Kita bisa berkomunikasi dengan siapapun dan dimanapun tanpa bertatap muka, bahkan juga bisa bertatap muka walaupun dengan jarak yang jauh (video call). Selain itu juga muncul chat jarak jauh yang mempermudah komunikasi.



2. 

1) Dalam Bidang Pendidikan
Sistem pembelajaran terus mengalami perkembangan seiring perkembangan zaman. Dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari, makalah Sistem Informasi dan Komunikasi sering dijumpai kombinasi Sistem audio/data, video/data, audio/video, dan internet. Internet merupakan alat komunikasi yang murah dimana memungkinkan terjadinya interaksi antara dua orang atau lebih. Kemampuan dan karakteristik internet memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (e-learning) menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik.

2) Bidang Kesehatan
Pemanfaatan Sistem Informasi dalam bidang kesehatan salah satunya ialah sistem yang berbasis kartu cerdas (smart card). Sistem ini dapat digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit, karena dalam kartu tersebut para juru medis dapat mengetahui riwayat penyakit pasien. Contoh lainnya ialah digunakannya robot untuk membantu proses operasi pembedahan serta penggunaan komputer hasil pencitraan tiga dimensi untuk menunjukkan letak tumor dalam tubuh pasien.

3) Sektor Perbankan
Dalam dunia perbankan, contoh penerapan Sistem Informasi adalah telah diterapkannya transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan Internet Banking. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan melalui Internet Banking antara lain transfer uang, pengecekan saldo, pemindahbukuan, pembayaran tagihan, dan informasi rekening. Bahkan penarikan uang, pengecekan saldo hingga transfer antar bank melalui mesin ATM juga merupakan pemanfaatan Sistem Informasi dalam bidang perbankan.

4) Bidang Bisnis
Dalam dunia bisnis yang sangat erat kaitannya dengan transaksi jual-beli, pemanfaatan Sistem Informasi dapat dimanfaatkan pula untuk sarana perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai e-commerce.
E-commerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
E-dagang atau E-Commerce merupakan bagian dari E-Business, dimana cakupan E-Business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain Sistem jaringan www, e-dagang juga memerlukan Sistem basis dataatau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk Sistem non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.

5) Perusahaan
Penerapan Sistem Informasi telah banyak digunakan oleh para usahawan. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu menerapkan Sistem Informasi dalam lingkungan kerja. Penerapan Sistem Informasi menyebabkan perubahan pada kebiasaan kerja. Misalnya penerapan Enterprice Resource Planning (ERP). ERP adalah salah satu aplikasi perangkat lunak yang mencakup sistem manajemen dalam perusahaan.

Contoh penerapan/pengaplikasian teknologi sistem informasi dalam bidang pendidikan:

- Pembelajaran Berbasis Komputer, contohnya yaitu penerapan sistem Ujian Nasional tahun 2016 yang berbasis   komputer atau dikenal dengan CBT.
- Berbagi Hasil Penelitian, contohnya berbagi hasil penilitian melalui akun blog, lipi,kemdikbud.
- Konsultasi dengan Pakar Melalui Internet, contohnya yaitu menanyakan segala hal melalui Whatsapp ataupun email.
- Perpustakaan Online, contoh perpustakaan online yaitu https://perpusnas.go.id/
- Diskusi & Media Pembelajaran Online, contohnya seperti Zoom, atau Google Meeting
- E-Learning, contohnya seperti brainly.com


3.

Keuntungan Teknologi Informasi

Memudahkan orang dalam berkomunikasi dan memperoleh informasi
Membuka peluang bisnis baru
Mendorong tumbuhnya proses demokrasi
Meningkatkan kualitas dan kuantitas layanan publik
Meningkatkan layanan informasi kesehatan jarak jauh (telemedicine)
Memperbaiki pendidikan melalui e-learning
Mengembangkan kemampuan dan kesadaran masyarakat
Memperkaya kebudayaan
Menunjang pertanian
Menciptakan lapangan kerja

Kerugian Teknologi Informasi

Mendorong munculnya kejahatan jenis baru
Mempermudah masuknya nilai-nilai budaya asing yang negatif
Mempermudah penyebarluasan karya-karya pornografi
Mendorong tindakan konsumtif dan pemborosan dalam masyarakat
Mendorong kekejaman dan kesadisan (violence and gore)
Memperluas perjudian

0 komentar:

Posting Komentar

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net