Senin, 05 Oktober 2020

Aplikasi Pencarian Jodoh (Online Dating Apps)


Dating online telah menjadi tren sejak tahun 2014. Banyaknya aplikasi kencan online merupaka salah satu bentuk membludaknya orang-orang mencari jodoh lewat dunia maya. Tinder, match.com, Tantan, dan lainnya. Seluruh masyarakat dari berbagai penjuru dunia mulai menikmatinya. Dating Apps merupakan salah satu inovasi dari sistem informasi yang mana memudahkan masyarakat dalam mencari jodoh.

Pengguna aplikasi ini tak hanya yang ingin mencari pasangan, banyak juga yang hanya mencari teman, relasi, atau sekedar iseng. Dalam aplikasi ini terjadi penerapan teori Penetrasi Sosial yang dicetus oleh Irwim Atman dan Dalmas Taylori yang menjelaskan bahwa proses  pergerakan hubungan dimulai dari tidak intim menuju ke hubungan yang lebih intim.

Cara kerjanya hanya menggegeser-geser saja. Geser ke kanan tandanya Like, dan Geser ke kiri tandanya Don't Like. Jika orang yang kamu Like, juga merespons dengan Like, itu tandanya pengguna otomatis berteman.


CONTOH APLIKASI PENCARIAN JODOH
- Tinder
- Tantan
- Taaruf ID

TINDER

Aplikasi cari jodoh ini sifatnya lebih umum dan untuk profilnya bisa langsung diambilkan dari Facebook dengan mudah, sehingga pengguna tidak perlu mendeskripsikan diri lagi. Aplikasi ini mengandalkan GPS untuk mencarikan pasangan pengguna di sekitarnya saja. Pada aplikasi Tinder, pengguna dapat langsung tap bagian foto untuk melihat-lihat foto lainnya.

Saat pertama kali menggunakan Tinder, pengguna akan diminta untuk mengisi nama, foto, usia, dan jenis kelamin. Setelah itu, pengguna bisa memilih pasangan sesama pengguna Tinder yang cocok dengannya. Untuk menentukannya, pengguna hanya perlu tekan “LIKE” jika suka dengan orang tersebut, dan “DISLIKE” jika orang tersebut tidak cocok.

TANTAN



Sedangkan untuk aplikasi kedua ini lebih fokus terhadap kalangan muda saja, sehingga pengguna akan lebih mudah menemukan mereka yang masih berumur 20 tahunan. Dan untuk keakuratan lokasi kedekatan, Tantan juga lebih baik daripada Tinder.

Tantan juga memiliki fitur yang memungkinkan penggunanya untuk memiliki linimasa status sendiri, sehingga ketika ada orang yang mengunjungi profil kalian mereka bisa terhibur dengan berbagai macam status yang tertampil disana. Akan tetapi sayang, untuk penampilannya masih cukup tajam, Tinder masih lebih baik dari segi tampilan jika keduanya disandingkan.

TAARUF ID



Untuk yang beragama Islam dan ingin mendapatkan pasangan sesama Muslim secara online, boleh coba aplikasi Taaruf ID. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini diperuntukkan bagi Muslim yang ingin mencari pasangan serius ke jenjang pernikahan. 

Cara mencari pasangan di Taaruf ID juga sangat mudah, cukup nyalakan GPS dan secara otomatis aplikasinya akan mencarikan pengguna Taaruf ID yang terdekat dengan pengguna. Namun, sebelum pengguna mencari jodoh, sebaiknya atur kriteria pasangan impian terlebih dahulu, misalnya patokan umur. Jika sudah, Aplikasi siap untuk digunakan!



Ade Candra (1B119072)
Fani herman saputra (1B119065)
Muhammad Akbar (1B119068)
Torik Nur Jihad (1B119075) 
Reffy Bahar Sendjaja (1B119077)














0 komentar:

Posting Komentar

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net