Senin, 23 Maret 2020

Perkembangan Animasi


PENGERTIAN ANIMASI

Berikut ini adalah pengertian animasi menurut beberapa ahli :
1. Menurut Vaughan (2004), Animasi adalah usaha untuk membuat presentasi statis menjadi hidup. Animasi merupakan perubahan visual sepanjang waktu yang memberi kekuatan besar pada proyek multimedia dalam halaman web yang dibuat. Banyak aplikasi multimedia menyediakan fasilitas animasi.
2. Animasi adalah suatu proses dalam menciptakan efek gerakan atau perubahan dalam jangka waktu tertentu, dapat juga berupa perubahan warna dari suatu objek dalam jangkawaktu tertentu, dan bisa juga dikatakan perubahan bentuk  dari suatu objek ke objek lainnya dalam jangka waktutertentu (Bustaman, 2001 : 32 - 33).
3. Animasi adalah pembuatan gambar atau isi yang berbeda - beda, pada setiap frame, kemudian dijalankan rangkaian frame tersebut menjadi sebuah motion atau gerakan sehingga terlihat seperti sebuah film (Zeembry, 2001 : 43).
4. Animasi sendiri berasal dari bahasa latin yaitu Anima yang artinya jiwa, hidup, semangat. Sedangkan karakter adalah orang, hewan maupun objek nyata lainnya yang dituangkan dalam bentuk gambar 2D maupun 3D. Sehingga, karakter animasi secara dapat diartikan sebagai gambar yang memuat objek yang seolah - olah hidup, disebabkan oleh kumpulan gambar itu berubah beraturan dan bergantian ditampilkan. Objek dalam gambar bisa berupa tulisan, bentuk benda, warna, dan spesial efek.
5. Animasi berasal dari kata Animation yang dalam bahasa inggris to animate yang berarti menggerakkan. Jadi animasi dapat diartikan sebagai menggerakkan sesuatu (gambar atau objek) yang diam.

SEJARAH DAN PERKEMBANGAN ANIMASI

Animasi tertua di Indonesia didapat dari gambar wayang batu pada relief di dinding candi. Digambarkan lengkap dengan menonjolkan ekspresi gesture (Sikap Tubuh). Jadi, kisah dibaca berdasarkan gesturenya bukan mimiknya.


Animasi tertua di Spanyol 30.000 SM (Masa Paleolithicum). Lukisan animasi ditemukan pada gua Altamira Spanyol berupa lukisan Babi Hutan. Lukisan ini dibuat dengan 8 kaki, 4 buah di depan, dan 4 buah di belakang. Gambar itu menunjukkan bahwa babi tersebut sedang berlari.


Animasi tertua di Mesir 1600 SM. Lukisan pada tiang kuil Dewa ISIS yang dibuat pada masa Pharao Ramses II. Pada dinding tiang tersebutterdapat relief figur Dewa, dalam urutan gerakan yang runtut.Kuil tersebut sebagai bukti adanya upaya manusia pada masa Mesir Kuno untuk membuat gambar yang seolah - olah sedang bergerak.Pada masa peradaban Mesir Kuno, orang - orang pada masa tersebuttelah berupaya untuk membuat sebuah rangkaian gambar yangmemiliki makna sebuah gerakan dan bahkan mengandung unsur cerita.

Animasi tertua di Mesir 2000 SM, Lukisan animasi ditemukan pada dinding pura yang dibuat oleh Firaun. Terdapat serangkaian posisi dua orang yang sedang bergulat. Jika digambar - gambar itu dianimasikan maka akan terlihat sebuah gerakan animasi. Orang Mesir kuno membuat urutan gambar pegulat untuk dekorasi (Thomas 1958 : 8).


Antanuasus Kircher 1640 menciptakan Animasi Magic Latern dengan menggunakan sebuah alat yang merupakan cikal bakal dari kamera proyektor.
Animasi dengan Flip book 1800. Flip book adalah buku dengan serangkaian gambar yang bervariasi secara bertahap dari satu halaman ke halaman berikutnya, sehingga ketika halaman yang berubah bergerak dengan cepat, gambar-gambar tersebut membuat perubahan yang memunculkan sebuah gerakan seakan gambar tersebut seperti hidup atau bergerak.


Paul Roget (1828) penemu Thaumatrope. Thaumatrope adalah sebuah alat yang biasanya berbentuk kepingan bulat yang dikaitkan dengan tali pegas diantara kedua sisinya. Kepingan tersebut memiliki dua gambar pada sisinya. Di satu sisi bergambar burung, dan di sisi lainnya bergambar sangkar burung. Ketika kepingan diputar maka putaran itu membuat burung seolah masuk ke dalam sangkarnya. Proses ini ditangkap oleh mata manusia dalam satu waktu, sehingga mengekspose gambar tersebut menjadi gerak.


Eadweard Muybridge (1893) penemu Phenakistoscope. Phenakistoscope adalah salah satu alat untuk membuat gambar bergerak animasi pertama dan juga pendahulu sinematografi. Phenakistocope mempunyai bentuk berupa piringan yang dipegang secara vetikal di muka cermin dan berputar mengitari porosnya. Gambar tersebut akan terlihat bergerak jika dilihat melalui celah yang ada pada piringan tersebut.

Charles-Emile Reynaud (1877) berasal dari Prancis penemu Praxinoscope. Praxinoscope adalah perkembangan dari Zoetrope. Praxinoscope adalah perkembangan teknologi animasi yang dibuat berbentuk seperti mangkuk besar, yang di dalam mangkuk tersebut terdapat mangkuk yang lebih kecil. Mangkuk yang besar berisi kumpulan gambar yang disusun secara beraturan sehingga menghasilkan pergerakan secara teratur , dan mangkuk kecil yang dipenuhi kaca di sisi luarnya.

Thomas Edison (1894) penemu Kinetoscope, pada tahun 1887 Thomas Edison tertarik untuk membuat alat untuk merekam dan membuat (memproduksi) gambar. Ia dibantu oleh pekerjanya yaitu William Kennedy Laurie Dickson pada tahun 1889 dan 1892. Kinetoscope merupakan alat perekam pertama yaitu merekam dengan kamera dan menghasilkan gambar hidup pertama yang menampilkan gambar bergerak. Alat ini dapat memperlihatkan film secara individual melalui lubang kecil yang menyerupai jendela. Kinetoscope memperkenalkan pendekatan awal yang menjadi standar untuk seluruh proyeksi bioskop sebelum munculnya video.


Rekaman pertama yang direkam oleh alat tersebut yaitu 
Thomas Alva Edison membuat gambar hidup yang memperlihatkan Fred Ott yang sedang bersin.
- Hak cipta film pertama- Durasi 5 detik 
- Sutradara : Wiliam K.L Dickson
- Starring : Fredd OttPada tanggal 14 April 1894, pameran komersial pertama darifilm dalam sejarah diberikan di New York City.

Animasi Stop Motion 1993 adalah suatu teknik animasi untuk membuat objek yang dimanipulasi secara fisik agar terlihat bergerak sendiri. Setiap pergerakan dari objek tersebut difoto 1 per 1 / frame by frame, sehingga menciptakan ilusi pergerakan ketika serangkaian frame tersebut dimainkan berurutan secara berkesinambungan. Biasanya pembuatan Tokoh/objek dari tanah liat sering digunakan dalam stop motion hal itu bertujuan untuk kemudahan mereka mengubah posisi. Gerakan animasi menggunakan tanah liat disebut clay animation or clay-mation. Pada umumnya animasi awalnya bukan video, melainkan kumpulan gambar yang berurutan sehingga akhirnya menjadi sebuah video.


Animasi komputer adalah teknik menghasilkan gambar bergerak sendiri melalui bantuan penggunaan komputer dan merupakan sebagian bidang komputer grafik dan animasi. Sesuai dengan namanya, animasi ini secara keseluruhan dikerjakan menggunakan komputer. Dimulai dari pembuatan karakter, tempat, mengatur gerakkan pemain”dan kamera, pemberian suara, serta special efeknya semuanya di kerjakan dengan komputer. Film animasi komputer pertama yaitu Toy Story pada tahun 1995 oleh Pixar, sejak itu Animasi semakin banyak dihasilkan melalui grafik komputer 3D, tetapi walaupun begitu animasi grafik komputer 2D juga masih banyak dibuat.


Toy Story (1995)

Pengkategorian Animasi / Jenis Animasi

- Stop-motion animation

Stop-motion animation sering pula disebut claymation karena dalam perkembangannya, jenis animasi ini sering menggunakan clay (tanah liat) sebagai objek yang digerakkan. Teknik stop-motion animation merupakan animasi yang dihasilkan dari pengambilan  gambar berupa obyek yang digerakkan setahap demi setahap.

Contoh animasinya: Wallace and Gromit dan Chicken Run, karya Nick Parks.

- Animasi Tradisional

Adalah teknik animasi yang paling umum dikenal sampai saat ini. Dinamakan tradisional karena teknik animasi inilah yang digunakan pada saat animasi pertama kali dikembangkan. Pada pembuatan animasi tradisional, setiap tahap gerakan di gambar satu persatu di atas cel. Dengan berkembangnya teknologi komputer, pembuatan animasi tradisional ini dikerjakan dengan menggunakan komputer. Dewasa ini teknik pembuatan animasi tradisional yang dibuat dengan menggunakan komputer lebih dikenal dengan istilah animasi 2 Dimensi.

- Animasi Komputer

Sesuai dengan namanya, animasi ini secara keseluruhan dikerjakan dengan menggunakan komputer. Dari pembuatan karakter, mengatur gerakan “pemain” dan kamera, pemberian suara, serta special effeknya semuanya dikerjakan oleh komputer.


- Animasi 2D (2 Dimensi)

Animasi 2D biasa juga deisbut dengan film kartun, kartun sendiri berasal dari kata Cartoon, yang artinya gambar yang lucu. Animasi berbasis 2 dimensi yakni objek yang dianimasi mempunyai ukuran panjang X dan Y. Contoh film : shincan, Looney Tunes, Pink Panther, Tom and Jerry, Scooby Doo, dll.

- Animasi 3D (3 Dimensi)

Perkembangan teknologi dan komputer membuat teknik pembuatan animasi 3D semakin berkembang dan maju pesat. 3D perkembangan dari animasi 2D. Contoh 3D : Bugs Life, Dinosaurs, Final Fantasy, Frozen, dll.

- Animasi Jepang (Anime)

Anime, itulah sebutan tersendiri untuk film animasi di jepang. Salah satu film yang terkenal adalah Final Fantasy Advent Children dan jepang sudah banyak memproduksi anime. Berbeda dengan amerika, anime jepang tidak semua diperuntukkan untuk anak-anak, tetapi untuk orang dewasa juga.

Pengertian Animasi 2 Dimensi

Kenapa disebut animasi 2 D, karena 2D mempunyai ukuran panjang X dan Y. Realisasi nyata dalam perkembangan dua dimensi yang cukup revolusioner yakni film – film kartun. Dan animasi 2D adalah animasi yang menggunakan sketsa gambar, lalu sketsa gambar ini digerakkan satu persatu, maka tidak akan terlihat seperti nyata. Disebut animasi 2 dimensi karena dibuat melalui sketsa yang digerakkan satu persatu sehingga nampak seperti nyata dan bergerak. Animasi 2D hanya bisa dilihat dari depan saja.

Contoh Film Animasi 2D : One Peace, Naruto

Buku Dunia Animasi oleh Ni Wayan Eka Putri Suantari




0 komentar:

Posting Komentar

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net